Skip to main content
suharso.net

follow us

Kenangan Kuliah Terakhir di MAKSI UI

Tulisan ini saya buat di sebuah blog lama saya lebih dari setahun lalu. Ketika itu tiba-tiba saya merasa akan sangat merindukan suasana kuliah S2 di Universitas Indonesia (UI). Padahal, baru satu hari berlalu saya menyelesaikannya bersama kawan-kawan seperjuangan.

Saya putuskan untuk memindahkan tulisan tersebut ke blog ini karena blog lama saya itu akan saya nonaktifkan. Meski tulisan itu tidak bagus-bagus amat, saya masih ingin terus membacanya. Sebab, dengan membacanya lagi, saya seolah terbawa kembali ke suasana akhir masa perkuliahan kala itu, yang bagi saya amat mengesankan.

Beginilah yang saya tuliskan waktu itu...

Alhamdulillah, syukur kehadirat Yang Mahakuasa, kemarin (8/12/2016) kami berhasil menyelesaikan sesi kuliah terakhir di kelas Magister Akuntansi (MAKSI) UI. Kelas AKP15-1P-B, begitulah kami disebut. Selanjutnya kami tinggal menanti masa ujian akhir dan sidang tesis. Weh weh weehhh... tak terasa setahun lebih masa kuliah telah berlalu.

Di tengah suasana hujan lebat menjelang maghrib kemarin, kami larut dalam campuran rasa bahagia dan sedih. Bahagia karena pada akhirnya kami bisa melalui masa-masa kuliah yang menantang, kalau tak mau disebut berat. Sedih karena itu berarti masa-masa kebersamaan kami di kelas yang seru dan penuh dinamika itu telah berakhir. Tapi memang begitulah hidup, selalu ada awal dan akhir.


Seolah tak rela melewatkan momen begitu saja, kami mengabadikan kebersamaan kami di lobi gedung MAKSI UI. Lihatlah! Jepretan kamera itu menjadi bukti bahwa semangat kami terus menyala. Cuaca dingin dan gelap sore itu nyatanya tak mampu meredupkan semangat kami. Dan saya yakin, setelah momen kemarin itu semangat kami jadi semakin berlipat saja. Iya kan, kawan?

***

Perjalanan kuliah memang penuh dinamika. Kerikil-kerikil kecil tentu saja ada di sepanjang perjalanan itu. Namun hal-hal seperti itu sudah kami lupakan. Lantas apa yang dapat kami kenang? Kami di kelas amat pintar berbagi tugas. Sangat efisien! Dan tentu saja efektif. Urusan begadang, itu pilihan kami masing-masing. Sementara sebagai kelompok, kami tak perlu ngoyo seperti itu. Result-based oriented, kami semua paham hal itu.

Tentu kami juga takkan lupa momen-momen diskusi kelas yang diwarnai pemikiran-pemikiran kritis, analisis-analisis tajam, meski kadang spontan dan juga lucu itu. Apakah ada presenter yang berani meminta semua orang untuk bertanya, kalau bukan di kelas kami?
"Kalian memang orang-orang hebat, kawan! Semua hebat! Bukan hanya 'auditor hebat' saja. Bersama kalian adalah sebuah kemewahan yang belum tentu kudapat di tempat lain."
Suasana kelas itu akan kami rindukan kelak, meski jujur saya sendiri nggak mau mengulang kelas lagi. Hehe... rasanya cukup sekali saja kuliah di MAKSI UI.
"Kawanku, kini dunia nyata di sana telah menanti kita kembali. Jadilah pejuang-pejuang tangguh, seperti yang baru saja kita lakukan. Iya, yang baru saja berlalu. Jangan lupa!"

You Might Also Like:

Comment policy: silakan berkomentar sesuai topik artikel. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar